Sabtu, 04 Agustus 2012

Arti Mutiara Hadits


“ Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah(dengan menyebut nama) Allah, Dzikir sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepadaNYA diwaktu pagi dan petang, Dial ah yang memberi Rahmat kepadamudan malaikatNYA (memohonkan ampunan untukmu), supaya dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya(yang terang) dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (Al AhzaB: 41-43)
“Barangsiapa yang mendapatkan kesulitan dan malapetaka, juga kebahagiaan, hendaknya memperbanyak berdoa kepada Allah” (HR. Turmudzi)
Berdzikir itu mengingat Allah. Jika kita ingat kepada Allah, Allah pasti ingat kepada kita.
 “Karena itu ingatlah kamu kepadaKu,niscaya aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepadaKu dan janganlah kamu mengingkari NikmatKu” (Al Baqoroh:152)
Tiga perbuatan yangtermasuk  sangat baik, yaitu berdzikir kepda Allah dalam segala situasi dan kondisi, saling menyadarkan (menasehati) satu sama lain, dan yang menyantuni saudara-saudaranya yang memerlukan ( HR Ad  Dailami)
Tidak akan masuk surga orang yang suka mencuri berita (suka mendengar dengar berita rahasia orang lain) (HR. Bukhori)
Orang yang cerdik adalah orang yang dapat menaklukkan hawa nafsunya dan beramal untuk bekal sesudah wafat. Orang yang lemah ialah yang mengikuti hawa nafsunya dan berangan-angan muluk terhadap Allah (HR Abu Daud)
Orang yang bahagia adalah orang yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang terkena ujian dan cobaan dia bersabar (HR Ahmad)
Sabar adalah setengah dari iman dan keyakinan adalah seluruh keimanan (HR Turmudzi)
Rasulullal SAW ditanya :Pada waktu apa doa manusia lebih didengar Allah?  Lalu Rasul menjawab ‘Pada tengah malam dan pada akhir tiap sholat fardlu (sebelum salam) (Mashabih assunnah)
Orang yang  paling  dekat dengan Allah ialah  yang  memulai member salam  (HR Abu Dawud)
Sesunggunya Assalam nama dari  nama-nama Allah Ta’ala diletakkan di bumi, maka sebarkanlah ucapan “Assalam” diantara kamu (HR Bukhori)
Diantara akhlak seorang mukmin adalah berbicara dengan baik, bila mendengarkan pembicaraan tekun, bila berjumpa orang dia menyambut dengan waja ceria dan bila berjanji ditepati (HR Ad dailami)
Barangsiapa membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu pahala dan satu pahala diganjar 10 kali lipat (HR Turmudzi)
Orang yang pandai membaca Al Qur’an akan bersama malaikat yang mulia lagi berbakti dan yang membaca tetapi sulit dan terbata-bata maka dia mendapat dua pahala (HR Bukhori Muslim)
Tiada  lurus iman seorang hamba sehingga lurus hatinya dan tiada lurus hatinya sehingga lurus lidahnya (HR Ahmad)
Allah tidak menerima iman tanpa amal perbuatan dan tidak pula menerima amal perbuatan tanpa iman (HR Thabrani)
Seseorang yang kurang amalan-amalan maka Allah akan menimpanya  dengan kegelisahan dan kesedihan (HR Ahmad)
Barangsiapa tidak menyibukkan dirinya dengan amalan-amalan sholeh, pasti hatinya akan disibukkan dengan amalan-amalan yang batil (Imam Syafi’i)
Perbanyaklah mengingat kematian, seorang hamba yang banyak mengingat mati maka Allah akan menghidupka hatinya dan diringankan baginya akan sakitnya kematian(HR Ad Dailami)
Perbanyaklah mengingat yang menghancurkan kelezatan, yaitu : MATI (Hr Turmudzi dan Ibnu Majah)
Kematian adalah tamu, bersiaplah menyambutnya sebaik mungkin
Doa adalah inti (otaknya) ibadah (HR Turmudzi)
Doa adalah senjata orang mukmin dan tiang (pilar) agama, serta cahaya langit dan bumi (HR Abu Ya’la)
Menyendiri lebih baik daripada berkawan dengan yang buruk dan kawan bergaul yang sholeh lebih baik daripada menyendiri. Berbincang-bincang yang baik lebih baik daripada berdiam dan berdiam adalah lebih baik daripada berbicara (ngobrol) yang buruk (HR Al Hakim)
Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik atau lebih baik diam(HR Bukhori Muslim)
Hubungilah orang yang memutus hubungannya dengan kamu dan berilah sesuatu kepada orang yang enggan memberimu. Hindarkan dirimu dari orang yang mendzalimi kamu (jangan hiraukan orang yang mendzalimi kamu) (HR Ahmad)
Apabila tersisa dari 1/3 dari  malam hari . Allah ‘Azza wajalla turun ke langit bumi dan berfirman : “Adakah orang yang berdoa KepadaKU? Akan Kukabulkan. Adakah orang yang beristighfar kepadaKU? Akan kuampuni  dosa-dosanya. Adakah orang mohon rizki? Kuberi rizki. Adakah orang yang mohon dibebaskan dari kesulitan yang dialaminya? Akan kuatasikesulitan-kesulitannya” yang demikian berlaku sampai waktu fajar (subuh) (HR Ahmad)
Jauhilah segala yang haram niscaya kamu menjadi orang yang paling beribadah. Relalah dengan pembagian rizki Allah kepadamu niscaya kamu menjadi oaring paling kaya. Berperilakulah yang baik kepada tetanggamu niscaya kamu termasuk orang mukmincintailah orang lain pada hal-hal yang kamu cintai bagi dirimu sendiri niscaya kamu tergolong Muslim. Dan janganlah terlalu banyak tertawa. Sesungguhnya terlalu banyak tertawa itu mematikan hati (HR Ahmad dan  Turmudzi)
Tiada sesuatu yang dapat menolak takdir kecuali doa dan tiada yang dapat menambah umur kecuali amal kebajikan. Sesungguhnya seseorang diharamkan atas rizkibaginya disebabkan dosa yang diperbuatnya (HR Turmudzi)
Kebajikan itu adalah akhlak yang baik dan dosa itu sesuatu yang merisaukan dirimu dan kami tidak senang bila diketahui orang lain (HR Muslim)
Tidak ada sesuatu yang ditelan seorang hamba yang lebih afdhol di sisi Allah daripada menelan (menahan) amarah yang ditelannya karena keridloan Allah Ta’ala (HR Ahmad)
Barangsiapa rendah hati kepada saudaranya semuslim maka Allah akan mengangkat derajatnya dan barangsiapa mengangkat diri terhadap mereka maka Allah akan merendahkannya ( HR Thabrani)
Allah mewahyukan kepadaku agar kamu berperilaku rendah hati agar tidak ada orang yang mendzlimi orang lain atau menyombongkan dirinya terhadap orang lain (HR Ahmad)
Ada tiga perkara yang membinasakan yaitu hawa nafsu yang diituruti, kekikiran yang dipatuhi dan seorang yang membanggakan dirinya sendiri (HR Thabrani)
Tidak ada kemelaratan yang lebih parah dari kebodohan dan tidak ada harta (kekayaan) yang lebih bermanfaat selain kesempurnaan akal. Tidak ada tolong menolong yang lebih kokoh dari musyawarah. Tidak ada kesempurnaan akal melebihi perencanaan (yang baik dan matang) dan tidak ada wara’ yang lebih baik dari menjaga diri (memelihara harga dan kehormatan diri) dan tidak ada ibadah yang lebih mengesankan dari tafakur (berfikir) serta tidak ada iman yang lebih sempurna dari sifat malu dan sabar (HR Ibnu Majah dan thabrani)
Barangsiapa yang memperoleh suatu yang ma’ruf maka hendaklah menyebutnya karena berarti ia mensyukurinya dan kalau merahasiakannya (berarti) ia mengkufuri nikmat itu (HR Thabrani)
Janganlah kamu menjadi orang yang “ikut-ikutan” dengan mengatakan,”Kalau orang lain berbuat kebaikan, kamipun akan berbuat baik dan kalu mereka berbuat dholim kamipun akan berbuat dholim” Tetapi teguhkanlah dirimu dengan berprinsip “Kalau orang lain berbuat kebaikan, kami berbuat kebaikan puladan kalu orang lainberbuat kejahatan, kami tidak akan melakukannya” (HR Turmudzi)
Membesarnya kenikamatan Allah bagi seseorang adalah bertambah banyaknya kebutuhan orang kepadanya(banyak dibutuhkan orang). Tetapi barangsiapa enggan memenuhi kebutuhan-kebutuhan orang-orang itu, maka ia telah membiarkan kenikmatan itu lenyap (HR Baihaqi)
Mohonlah kepada Allah kesehatan (keselamatan). Sesungguhnya karunia yang lebih baik sesudah keimanan adalah kesehatan (keselamatan) (HR Ibnu Majah)
Ada dua kenikmatan yang membuat banyak orang terpedaya, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang (artinya saat-saat sehat dan waktu senggang/luang orang sering menggunakannya untuk melakukanperbuatan yang sia-sia dan terlarang) (HR Bukhori)
Hati manusia adalah kandungan rahasia dan sebagian lebih mampu merahasiakan dari yang lain. Bila kamu memohon sesuatu kepada Allah maka mohonlah dengan penuh keyakinan bahwa doamu akan terkabul. Allah tidak akan mengabulkan doa orang yang hatinya lalai dan lengah. (HR Ahmad)
Ambillah kesempatan berdoa ketika hati sedang lemah lembut karena itu adalah Rahmat (HR Dailami)
Dua hal apabila dimiliki seseorang dia dicatat oleh Allah sebagai orang  yang bersyukur dan sabar. Dalam urusan agama (ilmu dan ibadah), dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya. Dalam urusan duniadia melihat kepada yang lebih bawah, lalu bersyukur kepada Allah bahwa dia masih diberi kelebihan (HR Turmudzi)
Tidak kecewa orang yang beristikharoh (memohon pilihan yang lebih baik dari Allah), tidak menyesal orang yang bermusyawarah, dan tidak akan melarat  orang yang hidup hemat. (HR Thabrani)
Tidak ada suatu rizki yang diberikan Allah kepada seorang hamba yang laus baginya dari pada sabar (HR Al Hakim)
Sabar yang sebenarnya ialah sabar saat bermula (pertama kali) tertimpa musibah (HR Bukhori)
Orang yang bahagia adalah yang diajuhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan dia bersabar (HR Ahmad)]
Seorang sahabat bertanya,” Ya Rasulullah, pesankan sesuatu  kepadaku yang berguna bagiku disisi Allah”. Nabi saw lalu bersabda, “Perbanyaklah mengingat kematian maka kamu  akan terhibur dari kelelahan dunia dan hendaklah kamu bersyukur. Sesungguhnya bersyukur akan menambah kenikmatan Allah dan perbanyaklah doa. Sesungguhnya kamu tidak mengetahui kapan doamu akan terkabul (HR Thabrani)
Barangsiapa takut kepada Allah, maka Allah menjadikan segala sesuatu takut kepadanya dan barangsiapa tidak takut kepada Allah , maka Allah akan menjadikannyatakut kepada segala sesuatu. (HR Baihaqi)
Apabila kamu melakukan dosa maka lakukanlah pula taubat. Apabila (dosa itu) dirahasiakan maka taubatnya juga dirahasiakan dan apabila dosa itu terang-terangan maka taubatnyapun terang-terangan pula (HR Ad Dailami)
Penyesalan adalah suatu taubat (HR Abu Dawud)
Setiap anak adam (manusia) berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah orang-orang yang bertaubat (HR Ahmad)
Sesungguhnya Allah menyukai seorang hamba mukmin yang terjerumus dosa tetapi bertaubat (HR Ahmad)
Orang yang bertaubat dari dosanya seperti orang yang tidak menyandang dosa. (HR Thabrani)
Barang siapa banyak diam maka ia akan selamat ( HR Ahmad )
Diam itu suatu kebijaksanaan, tapi sedikit sekali orang yang berbuat demikian (HR Baihaqi)
“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik atau lebih baik diam “ (HR Bukhori)
Iblis berkata kepada Rabbnya “dengan keagungan dan kebesaranMu, aku tidak akan berhenti menyesatkan bani adam selama mereka masih bernyawa”. Lalu Allah berfirm an :”Dengan keagungan dan kebesaranKu. Aku tidak akan berhenti mengampuni mereka selama mereka beristighfar” (HR Ahmad)
Tidak menjadi dosa besar sebuah dosa bila disertai dengan istighfar dan bukan dosa kecil lagi suatu perbuatan bila dilakukan terus menerus. (HR Thabrani)
(Dosa kecil apabila dilakukan terus menerus akan menjadi dosa besar) Barangsiapa memperbanyak istighfar maka Allah akan membebaskannya dari kedukaan dan memberinya jalan keluar bagi kesempitan dan memberinya rizki dari arah yang tak diduga-duganya (HR Abu Dawud)
Apabila dua orang muslim saling berjumpa lalu berjabat tangan dan mengucap “Alhamdulillah” dan beristighfar maka Allah ‘Azza Wajalla mengampuni mereka (HR Abu Dawud)
Saling berlakulah jujur dalam ilmu dan jangan saling merahasiakannya. Sesungguhnya berkhianat dalam ilmu pengetahuan lebih berat hukumannya daripada berkhianat dalam harta (HR Abu Niam)
Berbaik sangka terhadap Allah termasuk ibadah yang baik (HR Abu Dawud)
Allah menguji hambanya dengan menimpakan musibah sebagaimana seorang menguji kemurnian emas dengan api (pembakaran). Ada yang keluar emas murni, itulah yang dilindungi Allah dari keragu-raguan. Ada yang kurang dari itu (mutunya), dan itulah yang selalu ragu. Ada yang keluar seperti emas hitam, dan itu yang memang ditimpa fitnah (musibah). (HR Ath Thabrani)
Rasulullah melarang penjualan karena terpaksa (dipaksa menjual karena terdesak kebutuhan) dan melarang penjualan dengan pemalsuan (penipuan). (HR Muslim Assunnah)
Orang yang membatalkan pemberian (atau meminta kembali) sodaqohnya ibarat anjing yang makan kembali muntahannya. (HR Bukhari)
Termasuk sunnah bila kamu menghantar tamu sampai ke pintu rumahmu.(HR Al Baihaqi)
Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah menghormati tamunya. Kewajiban menjamu tamu hanya satu hari satu malam. Masa bertamu adalah tiga hari dan sesudah itu termasuk  sedekah. Tidak halal bagi si tamu tinggal lebih lama sehingga menyulitkan tuan rumah. (HR Al Baihaqi)
Barangsiapa mengintip-intip rumah suatu kaum tanpa ijin mereka maka sah bagi mereka mencolok matanya. (HR Muslim)
Amal perbuatan yang paling  disukai Allah sesudah yang fardhu (wajib) ialah memasukkan kesenangan ke dalam hati seorang muslim.(HR Thabrani)
Hendaknya kamu saling member hadiah. Sesungguhnya pemberian hadiah itu dapat melenyapkan kedengkian. (HR Tirmidzi dan Akhmad)
Rasulullah SAW menerima pemberian hadiah dan mendoakan ganjaran atas pemberian hadiah tersebut. (HR Bukhari)
Jangan menolak hadian dan jangan memukul kaum muslimin (HR Akhmad)
Barangsiapa menerima kebaikan (pemberian)dari kawannya (saudaranya) tanpa diminta hendaklah diterima dan jangan dikembalikan. Sesungguhnya itu adalah rizki yang disalurkan Allah untuknya. (HR Al Hakim)
Sesungguhnya Allah menyukai dusta yang bertujuan untuk memperbaiki dan mendamaikan (merukunkan), dan Allah membenci kebenaran (kejujuran) yang mengakibatkan kerusakan. (HR Ibnu Babawih)
Siapa yang member jaminan kepadaku untuk memelihara diantara rahangnya (mulut) dan diantar kedua pahanya (kemaluan) niscaya aku menjamin baginya surga.  (HR Bukhari)
Berhati-hatilah denga telanjang karena ada (makhluk) yang selalu menyertai kamu (malaikat) yang tidak meninggalkan kamu kecuali kalau kamu buang hajat dan bersenggama dengan keluarga ( istri). Malulah terhadap mereka dan hormati mereka. (HR Tirmidzi)
Jagalah auratmu kecuali terhadap istri atau budak wanita yang kamu miliki. Aku bertanya, Ya Rasulullah, bagaimana kalau dia sedang sendirian?” Nabi SAW menjawab : “Allah lebih berhak (patut) kamu malui.” (HR Bukhari)
Aurat mukmin terhadap mukmin yang lain haram (HR. Ath-Thahawi)
Sifat malu adalah dari iman dan keimanan itu di surga, sedangkan perkataan busuk adalah kebengisan tabiat dan kebengisan tabiat di neraka. (HR Bukhari dan Tirmidzi).
Sesungguhnya jika Allah Ta’ala menghendaki kebaikan bagi seorang hamba maka dia dikaryakannya. Para sahabat lalu bertanya tentang sabda Nabi SAW tersebut, “Bagaimana dikaryakannya itu, ya Rasulullah ?” Nabi SAW menjawab, “Diberinya taufiq untuk beramal sholeh sebelumwafatnya.” (Mashabih Assunnah)
Sesungguhnya cemburu (yakni cemburu yang wajar dan masuk akal adalah bagian) dari keimanan. (HR baihaqi dan Ibnu Babawih)
Orang yang membawa (mengangkut) sendiri barang dagangannya maka dia terbebas dari kesombongan. (HR Al- Baihaqi)
Seorang yang kurang amalan-amalannya maka Allah akan menimpanya dengan kegelisahan dan kesedihan. (HR Akhmad)
Janganlah kamu kencing ke dalam lubang (lubang tanah). (HR  An-Nasai)
Rasulullah SAW melarang orang kencing di air yang tidak mengalir. (HR Muslim)
Janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Allah akan mendapat azab yang berat karena mereka melupakan hari perhitungan. (Q.S Shad : 26)
Tidak ada sesuatu yang ditelan seorang hamba yang lebih afdhal di sisi Allah daripada menelan (menahan) amarah yang ditelannya karena keridhoan Allah Ta’ala. (HR Ahmad)
Demi yang jiwaku dalam gengamanNya, kalau kamu selamanya bersikap seperti saat kamu ada bersamaku dan mendengarkan zikir, pasti para malaikat akan bersalaman dengan kamu di tempat tidurmudan di jalan-jalan yang kamu lalui (HR Tirmidzi dan Ahmad)
Sesungguhnya Allah membenci orang yang berhati kasar(kejam dan keras), sombong, angkuh, bersuara keras di pasar-pasar (tempat umum)pada malam hari serupa bangkai dan pada siang hari serupa keledai, mengetahui urusan-urusan dunia tetapi jahil (bodoh dan tidak mengetahui) urusan akhirat. (HR Akhmad)
BArang siapa mengintai-intai (menyelidiki) keburukan saudaranya semuslim maka Allah akan mengintai-ngintai keburukannya. Barangsiapa diintaikeburukannya oleh Allah maka Allah akan mengungkitnya (membongkarnya) walaupun dia melakukan itu di dalam (di tengah-tengah) rumahnya. (HR Akhmad)
Sesungguhnya bila kamu mengintai-ngintai keburukan orang  maka kamu telah merusak mereka atau hamper merusak mereka (HR Akhmad)
Alangkah baiknya orang-orang yang sibuk meneliti aib diri mereka sendiri dengan tidak mengurusi (membicarakan) aib-aib orang lain (HR Ad Dailami)
Berhati-hatilah terhadap buruk sangka. Sesungguhnya buruk sangka adalah ucapan yang paling bodoh. (HR Bukhari)
Sesungguhnya orang yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah ialah yang dijauhi manusia karena ditakuti kejahatannya. (Muttafaq’alaih)
Sesungguhnya Allah membenci orang yang keji, yang berkata kotor dan membenci orang yang meminta-minta dengan memaksa (HR Ath Thahawi)
Diantara tanda-tanda kesengsaraan adalah mata yang beku, hati yang kejam, dan terlalu memburu kesenangan dunia serta orang yang terus menerus melakukan perbuatandosa. (HR Al hakim)
Akan tiba satu jaman pada manusia dimana perhatian mereka hanya tertuju pada urusan perut, dan kehormatan mereka hanya benda semata-mata. Kiblat mereja hanya urusan wanita(seks), dan agama mereka adalah emas dan perak. Mereka adalah makhluk Allah yang terburuk dan tidak akan memperoleh bagian yang menyenangkan di sisi Allah. (HR Ad dailami)
Sesungguhnya Allah membenci orang yang selalu berwajah muram di hadapan kawan-kawannya. (HR Ad Dailami)
Sesungguhnya Allah tidak menyukai banyak bicara, menghambur-hamburkan harta  dan terlalu banyak bertanya (HR Bukhari)
Makar, tipu muslihat dan pengkhianatan menyeret pelakunya ke neraka (HR Abu Dawud)
HAk tetangga ialah bila dia sakit kamu kunjungi dan bila wafat kamu menghantar jenazahnya. Bila dia membutuhkan uang kamu pinjami dan bila dia mengalami kemiskinan(kesukaran) kamu tutp-tutupi (rahasiakan). Bila dia memperoleh kebaikan kamu megucapkan selamat kepadanya dan bila dia mengalami musibah kamu datangi untuk menyampaikan rasa  duka. Janganlah kamu meninggikan bangunan rumahmu melebihi bangunan rumahnya yang dpat menutupi kelancaran angin baginya dan jangan kamu mengganggunya dengan bau periuk masakan kecuali kamu menciduk sebagaian untuk diberikan kepadanya. (HR Ath Thabrani)
Orang yang paling dibenci Allah  ialah yang bermusuh-musuhan  dengan keji dan kejam. (HR Bukhari)
Kelak akan menimpa umatku penyakit umat-umat terdahulu yaitu penyakit sombong, kufur  nikmat dan lupa daratan dalam memperoleh kenikmatan, mereka berlomba mengumpulkan harta dan bermegah-megahan dalam harta. Mereka terjerumus dalam jurang kesenangan dunia, saling bermusuhan dan saling iri, dengki,  dan dendam sehingga mereka melakuakn kezaliman(melampui batas) HR Al Hakim)
Seorang mukmin adalah cermin bagi mukmin lainnya. Apabila melihat aib padanya dia segera memperbaikinya. (HR Bukhari)seorang muslim adalah  saudara bagi muslim lainnya, tidak menzaliminya dan tidak mengecewakannya (membiarkan menderita) dan tidak merusaknya  (kehormatan dan nama baiknya). (HR Muslim)
Barang siapa ingin disenangi Allah dan RasulNya hendaklah berbicara jujur, menunaikan amanah dan tidak mengganggu tetangganya (HR Al Baihaqi)
Laksanakan ibadah sesuai kemampuanmu, jangan membiasakan ibadah lalu meninggalkannya (HR Ad Dailami) Penjelasan : Yang dimaksud ialah ibadah selain yang fardlu. Amal (kebaikan) yang disukai Allah ialah yang langgeng meskipun sedikit (HR Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar